HIDUP MAHASISWA DI ATAS NORMAL (Bagian 7: Ngospek Lalu Diospek)

 Hi! Welcome to my blog!

Setelah beberapa purnama menghilang, saya akhirnya balik lagi ke sini karena masih janji buat ngelanjutin series ini. Nah, kali ini saya bakal cerita tentang ospek kedua saya (Cerita OSPEK saya yang pertama bisa dibaca di sini). Saya nggak tahu, apa ada yang pernah merasakan rasanya mengospek mahasiswa baru, terus diospek di minggu setelahnya. Yang jelas, pengalaman ini langka banget.

 

Perjalanan mengospek dan diospek ini dimulai dari seleksi penerimaan panitia ospek kampus pertama di awal bulan April. Awalnya saya daftar untuk jadi panitia ospek fakultas, tapi ternyata saya justru diterima sebagai panitia ospek universitas. Dulu tuh kenapa, ya? Lupa saya kenapa bisa nyasar ke slot panitia universitas pfff

Satu bulan kemudian, tanpa rencana yang direncanakan, saya malah diminta ikut ujian masuk universitas (cerita selengkapnya bisa dibaca di sini). Setelah melewati berbagai macam ujian, pengumuman pun datang. Hasilnya, saya diterima.

Awalnya, saya nggak merasa sulit dengan keadaan ini. Saya tetap rapat, rapat, dan rapat. Masalah terjadi saat jadwal ospek berlangsung.

Jadi, ospek di kampus lama dilaksanakan pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Sementara itu, ospek di kampus baru dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat di minggu selanjutnya. Saya cuma punya waktu untuk istirahat di hari Minggu, eh, enggak juga deh kayanya. Di hari Minggu itu, ada rekreasi untuk peserta dan panitia ospek yang diadakan oleh kampus lama saya. Yah, jadi yaa nggak ada istirahat di kamus saya.

 

Belum! Ospek kampus baru memang dilaksanakan hari Senin sampai Jumat. Tapi, dari hari Kamis (a.k.a hari pertama ospek di kampus lama), sudah ada rangkaian kegiatan pra-ospek didampingi kakak tingkat (yang sebenarnya satu tingkat sama saya, bahkan ada yang adik tingkat).

Jadi, di hari Kamis dan Jumat, saya selalu ijin di tengah-tengah ospek untuk hadir di kegiatan pra-ospek lalu kembali lagi saat evaluasi panitia. Hari Sabtu adalah hari tenang sebelum ospek kampus baru, tapi itu nggak berlaku buat saya.  

Untungnya ketua ospek kampus lama baik banget. Dia selalu mengizinkan saya untuk skip ketika ada bentrok jadwal. Saya cuma cukup bilang, “Pak, mau diospek, nih,” sambil menaikkan dua alis saya sekali. Dia dengan santainya bilang, “Oke! Hati-hati, jangan kebablasan pulang! Ntar balik lagi ke sini!”

Pokoknya kalau ada temen panitia yang tanya saya mau ke mana, jawaban saya cuma satu. “Mau diospek!” Habis itu nyengir dan buru-buru tancap gas.

Jarak ke kampus baru sekitar 15 sampai 20 menit. Meskipun cukup dekat, tapi jalan menuju kampus tuh sering ramai kendaraan. Sampai kampus dalam waktu 15 menit aja sudah senang banget. Belum ditambah jalan kaki dari tempat parkir ke titik kumpul. Saya sering jalan cepat kalau mau ke kampus, mah.

Jadi, tempat parkirnya itu dibangun empat lantai, lantai dasar (bawah tanah) untuk parkir mobil. Sementara tiga lantai di atasnya dipakai untuk parkir motor. Kadang, kalau kampus lagi senggang, kita bisa cari tempat parkir yang dekat dengan pintu keluar. Tapi, kalau sedang penuh, aduh, motor kita bisa ada di lantai paling atas plus kena panas. Ya, di lantai paling atas itu memang ada area beratap dan area yang nggak beratap.

 

Agenda di hari Kamis ini adalah ngumpul sesama mahasiswa baru untuk membuat properti ospek. Kalau yang lain pada pakai baju bebas, ada yang pakai kaos, bahkan ada yang pakai jeans, saya justru pakai batik rapi dengan celana kain. Untung aja saya nggak pakai jas almamater, ya.

Sampai di tempat kumpulnya, saya menemui pemandu ospek. Ceritanya saya telat untuk kumpul, sebelumnya saya udah kasih informasi dulu, sih. Eh, komentarnya malah gini, “Kamu nih lagi ngospek beneran, ya?”

Lah, dikirain saya pakai batik buat apa? Kondangan?

Dia bercanda, terus saya malah dikasih properti yang udah jadi. “Nih, tinggal ditulis nama sama kelompok aja. Udah dibuatin sama yang lain tadi.”

“Hah?” Cengo banget saya, baru datang, belum duduk udah dikasih propertinya. “Beneran ini buat aku? Yang buat siapa? Makasih banget, loh!”

Saya konfirmasi lagi kan, takutnya bercandaan lagi, kan nggak lucu. Masalahnya, mereka yang datang itu udah semuanya, tinggal saya aja nih yang telat. Mereka udah bikin buat diri mereka masing-masing, eh sayanya dibuatin sekalian. Kalau diingat-ingat baik banget ya mereka. Sampai sekarang properti yang dibuatin mereka masih saya simpen loh. Nih propertinya.

Dia Owi si Burung Hantu

Saya cuma tinggal nulis nama dan kelompok. Begitu aja. Rasanya saya mau ngomong ke diri saya sendiri, “Akhlak lo di mane, woy? Tetiba enak banget udah jadi propertinya. Mana paling tua sekelompok, manggil pemandu ospek nggak pakai kak/mbak/mas tapi langsung nama, pakai acara telat segala!”

(kayanya bukan cuman saya yang pengen ngomong begitu, mungkin ada juga yang punya pikiran yang sama tapi nggak berani ngomong aja)

Setelah selesai urusan perpra-ospekan hari pertama ini, sebelum pulang kami diingatkan sama agenda besok pagi yaitu kumpul lagi untuk membuat yel-yel kelompok dan latihan untuk bersorak pakai theme songs (saya lupa apa namanya, pokoknya yang begitu begitu, yang nyanyi bareng-bareng gitu). Seperti hari ini, saya ijin telat juga buat agenda besok. Masih ada tanggungan ngospek sebelum diospek, Bung!

 

Agenda di hari Jumat persis melakukan rencana yang disampaikan waktu kumpul hari Kamis. Kali ini saya nggak telat banget datangnya. Setelah paginya ngospek mahasiswa baru, saya buru-buru ijin sama ketua ospek kampus lama yang baik hati banget itu. Saya berpikir, untung aja saya masuk di kepanitiaan ospek universitas. Kerjaan di kepanitiaan ospek universitas kan nggak sebanyak kerjaan di kepanitiaan ospek fakultas/program studi. Jadi emang bener udah, skenario Tuhan tuh nggak pernah main-main.

Begitu datang ke tempat kumpul langsunglah saya disambut, “Ciee! Baru lima belasan menit loh. Pemandunya juga ada yang masih di sekretariat, belum ke sini.”

Lah! Ngeselin nih. Saya udah susah-susah ngebut di jalan, taunya masih santai-santai. Berasa dibadutin saya. Tapi ya udahlah, ikutan duduk aja sambil kenalan sama yang belum kenal kemarin.

Beberapa menit kemudian agendanya dimulai. Pemandu udah lengkap semua. Mahasiswa baru juga udah lengkap eh mines satu ding, ada yang ijin nggak hadir. Saya kaya yang, “Lah, bisa gitu ijin buat nggak hadir?!”

Ya udahlah ya. Udah kepalang hadir. Nikmatin aja sisa kegiatannya.

Kegiatan dimulai dengan pemberian informasi tentang rundown besok Senin. Setelah itu, kita diberi lembaran-lembaran lirik buat yel-yel dan sorakan. Kita latihan sorakan tuh sama koreografi, ya. Jadi, ada yang pakai gerakan tangan, gerakan kaki, bahkan ada juga gerakan semacam kereta api-kereta api-an. Itu loh, yang kedua tangan kita megang pundak teman depannya, kedua tangan dia megang pundak teman depannya lagi, begitu seterusnya. Latihan buat gerak ke kanan duluan atau ke kiri duluan. Gimana sorakannya biar kompak sekelompok. De es be, de el el, gitu deh.

 

Kelar kegiatan, baliklah saya ke habitat asal sebagai panitia ospek. Pokoknya pengalaman semacam ini tuh jarang banget terjadi. Beneran deh. Saya cukup bersyukur saya pernah mengalami pengalaman ini. Seru banget kejar-kejaran sama waktu biar nggak (terlalu) telat buat ngikutin agenda kegiatan. Udah gitu, sering juga kena badut. Dikira telat ternyata enggak, atau udah santai ternyata jamnya dimajukan. Astaga!

Bagian 7 ini cuma berkisah tentang pra-ospeknya aja, ya. Di bagian selanjutnya saya bakal berusaha mengingat-ingat momen apa yang seru waktu jadi peserta ospek untuk yang kedua kalinya. Stay tune! Thanks for waiting this series! Makasih juga yang udah baca dan mengikuti series ini!

 



NB: Nggak ada question and answer ya, kan udah saya bilang kalau bagian selanjutnya bakal mengisahkan tentang momen ospek yang kedua kalinya. Hehehe. Bye for now!

Comments

Popular posts from this blog

Johnny and Grandpa: Inside Our Solid Blood

HIDUP MAHASISWA DI ATAS NORMAL (Bagian 6: Balada Ospek Mahasiswa Cupu)

Randomly of Me: A New Beginning