Randomly of Me: Nostalgia sama KambingJantan-nya Raditya Dika

Hi! Welcome to my blog!

Sepertinya ini adalah kali pertama gue nulis di blog secara langsung. Biasanya gue selalu bikin draft di Ms Word dulu. Edit edit edit edit edit, baru post. Ini masih hari Sabtu, dan belum masuk waktu gue posting lagi, sih. Tapi gue cuma pengen nulis aja, entahlah.

Gue Nafi, bukan navy, apalagi navigator. Gue bikin nama blog ini dari gabungan nama belakang gue dan nama belakang ayah gue. Apalagi, ya? Ah! Gue mulai menghirup udara bumi ini sejak 1995. Seorang freelancer yang masih pengin bebas ke mana-mana dan meraih ribuan mimpi gue.

Oke, gue pengin sedikit cerita tentang awal gue kenal sama yang namanya blog. Dimulai sekitar 2006/2007 gue disodorin sebuah buku yang saat itu jadi best seller gitu sama sepupu gue. Ditulis oleh seorang penulis, sutradara, komika papan atas sekarang ini, yap! Raditya Dika. Buku KambingJantan-nya yang terbit di tahun 2005 itu berisikan curhatan bego random dia di masa akhir SMA sampai dia kuliah di Adelaide, Australia (sekitar 2002-2004). Memang sebuah catatan harian pelajar bodoh beneran, sih. 

Gue inget banget, waktu gue baca pertama kali, dari mulai Kata Pengantar aja gue udah ngakak. Astaga ... nggak ngerti banget gue sama diri gue sendiri! Sepupu gue nyampe heran juga dan bilang, "Dek, kamu kok udah ngakak duluan? Kan belum baca bukunya!" GUE TETEP TERPINGKAL-PINGKAL! Sekarang gue sadar bahwa jiwa receh gue memang udah terpupuk sejak dini. Fyuhh (Oh iya! Tahun 2006/2007 itu sekitar gue kelas 6 atau 7 gitu)

Dari situlah gue kenal sama blog. Waktu itu sih gue ngiranya blog itu buat nulis-nulis recehan semacam punya Radit gitu. Berjalannya waktu ternyata macem-macem, bikin gue minder sendiri kalau udah ngomongin soal blog-blog gini. 

Gue sendiri baru bikin blog di tahun 2013 waktu gue masuk kuliah. Tebak blog gue buat apa waktu itu? Buat nge-posting tugas esai mata kuliah gue! Apa banget ya gue mah haduuh *tepok pala*

Ada sekitar 10 esai mata kuliah pancasila yang gue posting di sini. Nah, itu tuh bisa dibaca-baca kalau lagi gabut atau lagi perlu sama bahasan serupa.

Kalau blog gue waktu ini buat apa? Hmm, gue punya banyak rencana untuk blog gue yang bahkan gue nggak tahu ini ada yang baca atau enggak. Tapi ya, nggak pernah ada yang salah dengan menuangkan tulisan, kan? Jadi ya, ada atau enggak ada pembaca pun akan gue post ke-random-an gue. Eh, boleh deh kalau misal ada yang baca, ntar lo coba submit komentar. Ya, biar gue tahu aja kalau misal nih, misal, ada yang baca, gitu. Buat nambah teman bisa juga, sih.

Sekarang, gue lagi bikin proyek buat menantang diri gue sendiri, bahasa kerennya challenging myself. Proyek pertamanya adalah bikin serial blog setiap seminggu sekali dari pengalaman gue jadi mahasiswa di atas normal (Bisa dicek di sini, gengs). Mulai dari kenapa milih kuliah di atas normal, beban belajar mahasiswa di atas normal, sampe pengalaman-pengalaman absurd gue selama kuliah. Ya, gue memang kebetulan salah satu mahasiswa yang agak kurang kerjaan, jadilah gue nyari kerjaan di kampus lain.

Proyek menulis ini juga gue jadikan sebagai media emotional healing juga. Nggak ngerti, tapi akhir-akhir ini gue ngerasa ganjel aja sama hidup gue. Jadi, pelan-pelan gue mau cari tahu sebenarnya apa yang missed di kehidupan gue sebelumnya. 

Daaan, semalem, gue nostalgia lagi dengan baca buku KambingJantan-nya Raditya Dika. Ternyata di usia gue sekarang, banyak banget makna-makna yang dulu waktu kelas 6 atau 7 nggak pernah gue paham beneran (dulu cuma sekadar ikut-ikut ketawa aja). Gue bisa bilang kalau karya pertama dia itu memang cerdas banget sih, asli. Gagal paham gue sama orang yang story telling-nya mantep gitu. Maksud gue, dengan keadaan lo yang ancur parah begonya semasa kuliah, dan lo masih bisa mengolah segala macam kebodohan hidup lo lewat tulisan, dinikmatin banyak orang pula. Memang, manusia Indonesia tuh seneng banget kalau lihat orang lain sengsara (termasuk gue).

Nostalgia yang membawa gue jadi makin yakin akan menghidupkan kembali blog usang gue ini. Semoga semua berjalan dengan lancar! Oh iya! Stay safe buat kalian semua yang udah meluangkan untuk mampir di sini. See you, bye!

Comments

Popular posts from this blog

Johnny and Grandpa: Inside Our Solid Blood

HIDUP MAHASISWA DI ATAS NORMAL (Bagian 6: Balada Ospek Mahasiswa Cupu)

Randomly of Me: A New Beginning